Beranda | Artikel
Proposal Kegiatan Mahad al-Mubarok
Selasa, 14 Februari 2017

Proposal Kegiatan Kajian Ma’had al-Mubarok

Periode Februari 2017 – Mei 2017

Dengan nama Allah ar-Rahman lagi ar-Rahim

Allah berfirman (yang artinya), “Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati untuk menetapi kesabaran.” (al-‘Ashr : 1-3)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya niscaya Allah pahamkan dia dalam hal agama.” (HR. Bukhari dan Muslim)

# Gambaran Ringkas

Program Ma’had al-Mubarok merupakan serangkaian kegiatan pengajian dengan menyajikan materi-materi dasar di dalam agama Islam. Kajian Ma’had al-Mubarok diadakan pada setiap akhir pekan setiap Sabtu dan Ahad.

Kajian hari Sabtu bertempat di Masjid Muthohharoh Ngebel Tamatirto Kasihan bantul – selatan Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kajian pagi hari dimulai pukul 08.00 WIB dengan materi aqidah bersama Ustaz M. Romelan, Lc. Kemudian pada pukul 09.00 WIB kajian kedua dengan materi tafsir bersama Ustaz Dwi Abu Dzulqarnain, BIS. Setelah itu juga diadakan daurah/kajian spesial dengan materi tauhid bersama Ustaz Afifi Abdul Wadud, BIS pada pukul 10.00 sampai menjelang waktu zuhur. Pada sore harinya pukul 16.00 dilanjutkan dengan kajian akhlak bersama Ustaz Aris Munandar, M.PI di tempat yang sama.

Kajian hari Ahad bertempat di Masjid at-Taqwa Kadipiro Jl. Wates Km. 2 – sebelah barat perempatan Wirobrajan Yogyakarta. Kajian dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan tema hadits bersama Ustaz Amrin Mustofa, S.Ud lalu dilanjutkan sesi kedua pada pukul 09.00 WIB dengan tema fikih bersama Ustaz Faharudin, BIS dan diakhiri dengan kajian tauhid bersama Ustaz Amir as-Soronji, Lc. M.Pd.I pada pukul 10.00 sampai selesai.

Pada saat proposal ini ditulis kegiatan belajar mengajar sudah memasuki semester kedua. Adapun kegiatan semester pertama sudah berjalan sejak bulan September 2016 hingga bulan Januari 2017. Pada semester kedua ini pengurus juga mengadakan program kelas persiapan Ma’had al-Mubarok untuk menyiapkan calon santri baru yang akan mengikuti kegiatan belajar mengajar pada tahun ajaran yang akan datang yaitu periode 1438 – 1439 H. Pada periode yang baru nanti yaitu program Ma’had al-Mubarok angkatan ke-5 insya Allah akan kembali dibuka pendaftaran santri baru dengan susunan kurikulum dan sistem yang kembali diperbaharui untuk menyesuaikan kondisi peserta dan demi meningkatkan kualitas lulusan Ma’had al-Mubarok ke depan.

# Sejarah Singkat Kepengurusan

Program Ma’had al-Mubarok dikelola oleh Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI) yang telah resmi dibentuk dengan pembina diantaranya adalah Ust. Afifi Abdul Wadud, Ust. Ahmad Mz, Ust. Romelan, Ust. Burhan, dr. Arifudin, Sp.OT, dan lain-lain. Adapun pengurus yayasan terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Ketua oleh Bp. dr. Desin Pambudi S., sekretaris saudara Ardhi Wiratama B.Y. S.Kom, dan bendahara Bp. Bayu Trihandoyo, S.Pt.

Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI) bermula dari kegiatan dakwah dan pengajian yang diadakan oleh rekan-rekan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama beberapa alumni dan panitia kajian di sekitar kampus UMY. Pada awalnya dibentuk Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM) dengan program utama mengadakan kajian Ma’had al-Mubarok. Alhamdulillah ada sebagian donatur yang dengan sukarela membeli sebuah rumah untuk dijadikan sebagai wisma bagi rekan-rekan yang hendak belajar kuliah dan menimba ilmu agama. Kemudian rumah itu dijadikan sebagai wisma al-Mubarok 1 yang berlokasi di dusun Ngebel tepatnya di sebelah selatan SD Ngebel yaitu sekitar 200 m di sebelah barat Unires Putri UMY.

Setelah itu pihak donatur kembali membeli sebuah rumah di dusun Ngrame Tamantirto Kasihan Bantul – sebelah selatan UMY tepat di depan kediaman Bp. Windry Atmoko, M.Acc selaku pendiri, pengarah, dan pengawas kegiatan FORSIM dan Yayasan Pangeran Diponegoro. Rumah ini pun dibuat sebagai wisma dengan nama Wisma al-Mubarok 2 dan sekarang dijadikan sebagai alamat kantor Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI). Alhamdulillah pihak donatur sejak awal telah memberikan kemudahan bagi segenap warga dengan menggratiskan biaya sewa kamar di wisma ini. Dengan harapan hal itu bisa semakin memacu semangat rekan-rekan untuk menimba ilmu dan berdakwah. Rekan-rekan yang tinggal di wisma inilah yang banyak bergerak di lapangan untuk mengadakan kegiatan kajian, menyebar buletin, publikasi, dsb.

Selain itu pihak donatur juga telah membeli rumah yang ketiga dan kemudian juga dijadikan sebagai wisma al-Mubarok 3. Seperti wisma yang pertama, wisma ini juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar agama dan menimba ilmu di bangku kuliah. Secara umum rekan-rekan yang tinggal di wisma adalah mahasiswa dan ada juga yang sedang menempuh pendidikan di Ma’had ‘Ali bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ditambah lagi dengan adanya wisma khusus muslimah yang dibentuk dengan inisiatif Bp. Windry Atmoko, M.Acc dan keluarga dengan nama Wisma Shofiyyah. Wisma muslimah ini juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar agama dan berdakwah sembari menimba ilmu di bangku kuliah.

Rekan-rekan pengurus YAPADI dan Ma’had al-Mubarok sangat berterima kasih kepada segenap donatur, pembina, dan pengawas yang selama ini telah memberikan bantuan sedemikian besar. Teriring doa kepada Allah semoga amal kebaikan mereka diberikan balasan terbaik di sisi Allah. Dalam kegiatan kesehariannya program Ma’had al-Mubarok dikoordinir oleh saudara Nashrullah Fatahillah selaku mudir dan saudara M. Rizky R. selaku wakil mudir. Kegiatan ini juga pengurus FORSIM yang baru di bawah koordinasi saudara Firdaus selaku ketua.

Kegiatan Ma’had al-Mubarok di masjid tidak terlepas dari bantuan dan kerjasama dari pihak takmir masjid dan tokoh setempat serta rekan-rekan yang menjadi takmir pelaksana harian. Di Masjid Muthohharoh ada saudara Andes yang banyak membantu rekan-rekan untuk mengurus perijinan dan kebersihan serta perawatan tempat kajian. Di Masjid at-Taqwa ada saudara Fatra dan dilanjutkan oleh saudara Reza yang juga banyak membantu panitia untuk menyiapkan tempat kajian beserta fasilitas yang mendukung untuknya. Perijinan di Masjid at-Taqwa juga tidak lepas dari bantuan dua orang dosen yaitu Bp. Fauzan, M.Si dan Bp. Ahmad Fachrudin, M.Si.

Demikian pula untuk kegiatan rutin Ma’had al-Mubarok ada sebagian donatur yang secara terus-menerus membantu pendanaan kegiatan yang ada dan tidak mau untuk disebut namanya. Dengan dukungan dari banyak pihak inilah setelah taufik dan pertolongan Allah maka kegiatan dakwah dan pendidikan yang diadakan oleh Ma’had al-Mubarok bisa terlaksana. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan bisa terwujud dan terpelihara.

# Rekening Donasi Operasional Ma’had

Bagi Anda yang ingin berdonasi untuk operasional Ma’had al-Mubarok Yogyakarta bisa Anda transfer melalui rekening berikut ini :

BNI Syariah no. 0200336067 atas nama Windri Atmoko

Mohon setelah Anda transfer untuk konfirmasi ke nomor : 0823 6272 4444

Atas bantuan dan kerjasamanya kamu ucapkan terima kasih, jazakumullahu khairan katsira.

# Anggaran Rutin Bulanan

Berikut ini kami sajikan sedikit gambaran mengenai anggaran pengeluaran rutin yang dialokasikan oleh pengurus untuk menjalankan kegiatan dakwah dan pendidikan yang ada.

– Infak Buletin at-Tauhid 4 Pekan : Rp.400.000,-

– Mukafa’ah 7 Pengajar @ Rp.500.000,- : Rp.3.500.000,-

– Operasional Kajian (konsumsi, dll) : Rp.200.000,-

– Pulsa Internet Ma’had : Rp.50.000,-

– Infak Perawatan 2 Masjid @ Rp.200.000,- : Rp.400.000,-

Total Anggaran Bulanan : Rp.4.550.000,-

# Pusat Informasi

Informasi terbaru seputar kegiatan dakwah dan pendidikan Ma’had al-Mubarok dan Yayasan Pangeran Diponegoro insya Allah bisa dilihat setiap hari melalui website : al-mubarok.com.

Selain itu kaum muslimin yang memiliki akun fesbuk bisa mengikuti update informasi kami melalui fanspage facebook kami dengan nama : Kajian Islam al-Mubarok.

Bagi Anda yang ingin menanyakan seputar kegiatan Ma’had al-Mubarok bisa menghubungi kontak informasi panitia melalui no : 0857 4262 4444 (putra) atau 0823 6272 4444 (putri).

# Jadwal Kajian Rutin Ma’had

Berikut ini kami tampilkan kembali susunan rencana jadwal kajian rutin Ma’had al-Mubarok yang insya Allah akan diadakan setiap akhir pekan pada semester dua ini.

Kajian Sabtu di Masjid Muthohharoh Ngebel :

– Pkl. 08.00 – selesai : Aqidah (Lum’atul I’tiqad) :: Ust. Romelan, Lc.

– Pkl. 09.00 – selesai : Tafsir al-Fatihah :: Ust. Dwi, BIS

– Pkl. 10.00 – selesai : Daurah Tauhid (Ushul Tsalatsah) :: Ust. Afifi Abdul Wadud, BIS

– Pkl. 16.00 – selesai : Akhlak (al-Kaba’ir) :: Ust. Aris Munandar, M.PI.

Kajian Ahad di Masjid at-Taqwa Kadipiro :

– Pkl. 08.00 – selesai : Hadits (Fathul Qawi) :: Ust. Amrin Mustofa, S.Ud.

– Pkl. 09.00 – selesai : Fikih (Manhajus Salikin) :: Ust. Faharudin, BIS

– Pkl. 10.00 – selesai : Tauhid (Qaulus Sadid) :: Ust. Amir as-Soronji, Lc. M.Pd.I

Demikian sedikit informasi dari kami, mudah-mudahan berguna bagi kita dalam menjalin kerjasama dan dakwah demi kemajuan umat Islam dan negara yang kita cintai ini. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

:: Unduh teks proposal dalam format pdf dari sini : proposal-dana


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/proposal-kegiatan-mahad-al-mubarok/